Motivasi Untuk Selalu Bertaubat dan Beristighfar


Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: " Allah berfirman: -'Aku sesuai dengan prasangka hamba-Ku terhadap-Ku.'" HR. Ibnu Majah, Tirmidzi, Ad-Darimi, Ahmad, Muslim.

Dari Abu Hurairah berkata, "Aku mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: " Ada seorang hamba yang kemudian berbuat dosa -atau dengan redaksi lain; melakukan dosa-, kemudian hamba itu berkata; 'Ya Rabbku, aku aku telah berbuat dosa -atau dengan redaksi telah melakukan-, ampunilah aku.' Maka Rabbnya berkata: 'Apakah hambaku tahu bahwa hamba-Ku mempunyai Rabb yang bisa mengampuni dosa dan menghukumnya. Aku telah mengampuni dosa hamba-Ku.' Kemudian berlalulah beberapa waktu yang ditentukan oleh Allah, dan hamba tersebut kembali berbuat dosa lagi -atau melakukan dosa-, lalu ia pun berkata, 'Wahai Rabbku, aku telah berbuat dosa -atau melakukan dosa lagi- maka ampunilah perbuatanku.' Maka Allah berfirman: 'Apakah hamba-Ku tahu bahwa ia mempunyai Rabb yang bisa mengampuni dosa dan menghukumnya. Aku telah mengampuni dosa hamba-Ku.'Kemudian berlalulah beberapa waktu yang ditentukan oleh Allah, dan hamba tersebut kembali berbuat dosa lagi -atau melakukan dosa-, lalu ia pun berkata, 'Wahai Rabbku, aku telah berbuat dosa lagi -atua melakukan dosa lagi-, maka ampunilah perbuatanku.' Maka Allah berfirman: 'Apakah hambaku tahu bahwa hamba-Ku mempunyai Rabb yang bisa mengampuni dosa dan menghukumnya. Aku telah mengampuni dosa hamba-Ku.'-(Allah mengulamgi sebanyak tiga kali)- maka hendaklah ia beramal sekehendaknya. "" HR. Bhukari, Ibnu Hiban, Ahmad.

Dari Abu Sa'id Al-Khudri ai berkata ; 'Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alihi wasallam bersabda: " Iblis berkata kepada Rabbnya; 'Demi kemuliaan dan keagungan-Mu wahai Rabb, aku akan senantiasa menggelincirkan anak cucu Adam selama ruh mereka masih ada dalam jasad-jasad mereka,' lalu Allah berfirman: ' Demi kemuliaan dan keagungan-Ku, Aku akan senantiasa mengampuni mereka selama mereka meminta ampun kepada-Ku.'" HR. Ahmad.


Dari Ali bin Rabi'ah, ia berkata; aku menyaksikan Ali radliallahu 'anhu pada saat ia diberi utuk dinaiki, tatkala meletakkan kakinya di dalam sanggurdi, ia mengucapkan; 'BISMILLAH.' Ketika berada dipunggungnya ia mengucapkan; 'ALHAMDULILLAH.' kemudian mengucapkan; '
SUBHAANALADZII SAKHKHARA LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUMUQRINIIN, WA INNA ILAA RABBINNAA LAMUNQALIBUUN (maha suci dzat yang telah menundukan untuk kami hewan ini, dan tidaklah kami tidak memaksanya, dan kepada Rabb kami niscaya akan kembali).' kemudian mengucapkan; 'ALHAMDULILLAAH' tiga kali, 'WALLAHU AKBAR' tiga kali, 'SUBHAANAKA INNII ZHALAMTU NAFSII FAGHFIR LII, FAINNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA (maha suci Engkau sesungguhnya aku telah menzhalami diriku maka ampunilah aku. Karena sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau).' Kemudian ia tertawa. Dia ditanya; 'Wahai Amirul Mukminin, kenapa engkau tertawa?' ia berkata: 'aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melakukan seperti apa yang aku lakukan kemudian beliau tertawa dan aku tanyakan; 'Wahai Rasulullah, kenapa engkau tertawa dan beliau bersabda: "Sesungguhnya Rabbmu sungguh merasa kagum kepada hambaNya apabila mengucapkan 'Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku!'(Maka Allah berfirman:) 'Ia mengetahui bahwa tidak ada yang mengampuni dosa selain Aku.'"' HR, Abu Daud, Ibnu Hibban, Ahmad.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan