Hadits Kartu dan Keutamaan Kalimat Tauhid


Dari Abu Abdurrahman al Ma'afiri al Hubuli dia berkaata saya mendengar Abdullah bin Amru bin Al Ash berkata Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Sesungguhnya Allah akan menyelamatkan seorang laki-laki dari umatku di hadapan manusia di hari kiamat, lalu Dia membuka buku catatan besar di hadapannya, setiap buku catatan besar lebarnya seperti mata memandang, kemudian Dia berfirman' 'Apakah mengingkari sesuatu dari ini? Apakah paara penulisku yang menjaga (amal manusia) menzhalimimu?' dia menjawab; 'Tidak wahai Rabbku.' Allah bertanya:'Apakah kamu mempunyai  alasan dalih (bagi amal burukmu)?' Dia menjawab; 'Tidak wahai Rabbku.' Allah berfirman: 'Tidak demikian, sesungguhnya kamu mempunyai kebaikan disisi kami, karena itu tidak ada kezhaliman atasmu pada hari ini.' Lalu keluarlah kartu amal kebaikan, yang didalamnya tercatat bahwa; ASY HADU ANLAA ILAAHA ILLALLAH WA ASY HADU ANA MUHAMMADAN ABDUHU WA RASUULUHU (saya bersaksi bahwa tiada Rabb (yang berhak disembah) selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya).' Lalu Allah berfirman; 'Hadirkan amal timbanganmu! ' dia berkata; 'wahai Rabbku, apa hubungannya kartu ini dan buku catatan ini?' Allah berfirman; 'Sesungguhnya kamu tak akan dizhalimi.'" Nabi melanjutkan; 'Lalu diletakkanlah buku catatan besar pada satu sisi, sedangkan kartu amal diletakkan disisi lainnya, maka buku catatan besar itu ringan (timbangannya) sedangkan kartu amal itu berat, maka tidak ada satupun yang lebih berat dibandingkan nama Allah." HR. At-Tirmidzi; 2639, Ibnu Hibban; 225, Ahmad; 6994.

Dari Shafwan bin Muhriz, dia berkata; Ketika Ibnu 'Umar sedang tawaf, tiba-tibaseseorang menghadangnya seraya berkata; 'wahai Abu 'abdurr Rahman', atua wahai Ibnu 'Umar apa kamu mendengar Nabi shallallahu 'alahi wasallam mengenai An-Najwa (bisikan dihari kiamat)?' Ibnu 'Umar menjawab;  "Aku mendengar Nabi shallallahu 'alaih wasallam bersabda: "Nanti di hari kiamat seorang mukmin didekatkan kepada Rabb-Nya hingga Dia meletakkan Naungan-Nya ke atasnya, maka dia mengakui dosa-dosanya kemudian, Dia berkata . "Apakah kamu mengakui dosa ini ?" dia menjawab: "Wahai Rabbku, saya mengakuinya." sebanyak dua kali Allah berfirman kepadanya: "Saya telah menutupinya di dunia dan pad hari ini Aku telah mengampuninya bagimu." Kemudian diberikanlah kepadanya catatan kebaikan-kebaikannya. Adapun yang lain orang-orang kafir, maka mereka dipanggil dihadapan semua manusia dan dikatakan: "Inilah mereka yang telah mendustakan Rabb mereka., ketahuilah bahwa laknat Allah berlaku atas orang-orang yang dzalim." HR. Bukhari; 4685, 2441, 6070, 7514, Ibnu Majah; 185, Ibnu Hiban; 7355, 7356, Muslim; 2768, Ahmad; 5825, 5436.



0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan