Hikmah Sakit dan Demam (Nikmat Sakit)


Dari Abu Shalih Al Asy'ari dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, bahwa beliau menjenguk seseorang yang tengah tertimpa sakit demam, dan bersama beliau adalah Abu Hurairah, lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bergembiralah, sesungguhnya Allah berfirman: 'Ia (Demam) adalah api-Ku yang aku timpakan kepada hamba-Ku yang mukmin di dunia sebagai pengganti bagiannya dari api neraka di Akhirat'." HR. Ibnu Majah; 3470, Tirmidzi;2088.

Dari Uqbah bin Amir, ia menceritakan dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Tiada amalan pada suatu hari kecuali amalan tersebut ada penutupnya. Maka jika seorang mukmin jatuh sakit Malaikat akan berkata, 'Wahai Rabb kami, Engkau telah menahan hambamu Fulan (untuk beramal).' Allah 'Azza wa jalla berfirman; 'Tutuplah amalan untuknya sebagaimana amalan yang ia lakukan sampai sembuh atau meninggal dunia'." HR. Ahmad;17316.

Dari Rasyid bin Daud As-Shan'ani dari Abu Al-Asy'ats As-Shan'ani, bahwa dia berangkat ke Masjid Damaskus pada tengah hari, lalu ia bertemu dengan Syaddad bin Aus dan As-Shunabihi bersamanya, Aku bertanya, 'Kemana kalian hendak pergi, semoga Allah merahmati kalian.' Mereka berdua menjawab, 'Kami hendak kesini untuk menjenguk saudara kami yang sedang sakit.' Maka aku pun ikut bersama mereka berdua sampai bertemu dengan orang itu. Lalu mereka berdua berkata kepadanya; 'Bagaimana kabarmu pagi ini?' dia menjawab, 'Saya pagi ini dalam keadaan nikmat. 'Syaddad berkata kepadanya; Bergembiralah dengan peleburan keburukan dan penghapusan kesalahan. Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Allah 'Azza wa jalla berfirman: ' Aku jika menguji seorang hamba dari hamba-Ku yang beriman, lalu ia memuji-Ku atas apa yang aku timpakan kepadanya, sesungguhnya dia bangun dari tempat tidurnya sebagaimana dia dilahirkan olah ibunya bersih dari kesalahan-kesalahan.' Rabb Azza wa jalla berfirman, 'Aku telah menahan hamba-Ku (dari amal shalih), maka berilah dia ganjaran sebagaimana kalian memberi ganjaran dikala dia sehat.  '" HR. Ahmad;17118

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan