Hal-hal Yang Diharamkan


Keharaman Memutus Silaturahmi

Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu dari Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Sesungguhnya  penamaan rahim itu di ambil dari (nama Allah) Ar-Rahman, lalu Allah berfirman: 'Barang siapa menyambungmu maka Akupun menyambungnya dan barang siapa memutuskanmu maka Akupun akan memutuskannya.'" HR. Bukhari; 5988, Ibnu Hibban; 442.

Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu dari Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Setelah Allah azza wa jalla menciptakan semua makhluk, maka rahim pun berdiri bnagkit dan memegang pinggan Ar-Rahman, maka Allah berkata: "Pergilah" ia berkata: 'Inilah tempat orang yang berlindung kepadaMu dari terputusnya silaturahmi.' Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjawab: 'Tidakkah kamu rela jika Aku menyambung orang yang menyambungmu dan memutuskan yang memutuskanmu?' Rahim menjawab; 'Tentu wahai Rabbku.' Allah berfirman : 'Itu Untukmu.' Abu Hurairah : 'Jika kamu mau, maka baca ayat berikut ini: "Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan berbuatan kerusakan di muka bumi dan memutuskam hubungan kekeluargaan?" (QS. Muhammad 22). Menurut jalur lain dari Abu Hurairah dengan redaksi yang sama, kemudian ia berkata; 'Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika kalian mau, bacalah oleh kalian 'Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa." HR. Bukhari; 4830, Ibnu Hibban; 441, Muslim; 2554, Ahmad;8367.

Haram Mencela Masa

Dari Abu Hurairah berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Allah Ta'ala berfirman; 'Anak Adam menyakiti-Ku dan mencela  masa, padahal Aku adalah masa, ditanhan-Ku segala urusan, Akulah yang membalikan siang dan malam'." HR. Bukhari; 4826, 7491, Muslim; 2246, Ahmad; 7245, Ibnu Hibban; 5715, Abu Daud; 5276.

Haram Bunuh Diri

Dari Al-Hasan telah bercerita kepada kami Jundah bin 'Abdullah di masji ini dan kami belum lupa sejak dia bercerita, kami tidak khawatir bahwa Jundah berdusta atas nama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, dia berkata; Rasulullah shallallauhu 'alaihi wasallam bersabda: "Ada seseorang diantara umat sebelum kalian menderita luka-luka tapi dia tak sabar lalu dia mengambil sebilah pisau kemudian memotong tangannya yang mengakibatkan darah mengalir dan tidak berhenti himgga akhirnya ia meninggal dunia. Lalu Allah Ta'ala berfirman; "Hamba-KU mendahului Aku dengan membunuh dirinya maka Aku Haramkan baginya surga"." HR. Bukhari; 3463.

Haram Berbuat Sombong

Dari Abu Muslim Al-Aghar bahwasannya dia telah menceritakan kepadanya dari Abu Sa'id Al-Khudri dan Abu Hurairah keduanya berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Kemuliaan adalah sarung-Nya kesombongan adalah selendangnya-Nya. (Allah berfirman;) 'Barang siapa menentang-Ku, maka Aku mengadzabnya.'" HR. Muslim; 2620.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan