Hadits Qudsi


Hadits qudsi disebut juga dangan istilah hadits ilahi atau hadits Rabbani. Secara bahasa hadits Qudsi merupakan penisbatan kepada Quds yang berarti suci, yaitu hadits yang dinisabatkan kepada dzat yang suci. Sedangkan secara istilah pengertian hadits Qudsi terbagi menjadi 2 yaitu:
  •  Hadits Qudsi merupakan kalam Allah azza wajalla (baik dalam struktur maupaun substabsi bahasanya), dan Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam hanya menyampaikan kepada kita.
  • Hadi Qudsi Adalah perkataan dari Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam, sedangkan isi dari perkataan tersebut berasal dari Allah azza wajalla.
Dari istilah tersebut dapat dikatakan hadits Qudsi adalah Firman Allah yang disampaikan kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam , kemudian Nabi Shallallahu 'alahi wasallam menerangkannya dengan menyandarkan kepada Allah. Dengan kata lain, hadits Qudsi ialah hadits yang disampaikan kepada kita dari Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam dengan sanad dari beliau sendiri kepada Rabb Azza Wajalla. Dengan mengunakan salah satu dari dua lafadz periwayatnya sebagai berikut;
  1. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan mengenai apa yang diriwayatkan dari Rabbnya.
  2. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan; "Allah Ta'ala berfirman"atau Berfirman Allah Ta'ala."

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan