Keutamaan Tauhid


Tauhid adalah menjadikan Allah sebagai satu-satunya tuhan yang disembah, tiada tuhan selain Allah


Dari Abu Dzar di berkata; Rasulullsh shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Allah Azza wa jalla berfirman: "Barang siapa berbuat kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan  yang semisalnya dan terkadang Aku tambah lagi. Dan Barang siapa yang berbuat keburukan, maka balasanya adalah keburukan yang serupa atau Aku mengampuninya. Barang siapa mendekat pada-Ku satu jengkal maka Aku akan mendekat kepadanya satu hasta, jika ia mendekat kepada-Ku satu hasta maka aku akan mendekat padanya satu hasta, jika ia mendekat kepada-Ku satu hasta maka Aku akan mendekat padanya satu depa, dan jika ia mendatangiku dengan berjalan maka Aku akan mendatanginya dengan berlari. Dan barang siapa yang bertemu dengan kesalahan sebesar isi bumi tanpa menyekutukan-Ku dengan yang lainnya, maka Aku akan menemuinya dengan dengan apunan sebesar itu pula." HR. Muslim; 2687, Ibnu Majah; 3821.

Dari Abu Sa'id Al-Khudri ia berkata; " Rasulullah shallallahu 'alihi wasallam bersabda: " Perdebatan salah seorang di antara kalian tentang haknya di dunia, tidaklah lebih dasyat dari pada perdebatan kaum mukminin kepada Rabb mereka tentang saudara-saudara mereka yang dimasukan ke Neraka, beliau bersabda: "Mereka berkata; Wahai Rabb kami dahulu saudara-saudara shalat bersama kami berpuasa bersama kami dan berhaji bersama kami namun Engkau masukan mereka ke Neraka, Beliau bersabda: " Allah berfirman; " Pergilah, lalu keluakanlah siapa yang kalian kenal di antara mereka."Beliau bersabda: " Lalu mereka mendatangi mereka dan mengenali mereka dangan bentuk mereka, di antara mereka ada yang terbakar hingga setengah betisnya, di antara mereka ada yang terbakar hingga mata kakinya, lalu mereka mengeluarkannya seraya berkata: " Wahai tuhan kami, kami telah mengeluarkan orang yang Enkau perintahkan." Beliau bersabda :" Lalu Allah berfirman ;" Keluarkan siapa saja yang di hatinya terdapat keimanan satu dinar." Lalu Dia berfirman lagi;"Siapa yang di hatinya terdapat keimanan seberat setengah dinar ." Hingga Dia mengatakan;" Siapa yang di hatinya terdapat keimanan seberat biji Dzarroh (atom)." Abu Sa'id berkata;" Barang siapa yang tidak percaya maka hendaknya ia membaca ayat ini: " Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya . Barabg siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar."HR. Ibnu Majah; 60, An Nasa'i; 5010, Ibnu Hibban; 7377, Bukhari; 7439, Ahmad; 11898.


Tauhid Rububiyyah adalah mentauhidkan Allah dalam kejadian-kejadian yang hanya bisa dilakukan oleh Allah, serta menyatakan dengan tegas bahwa Allah Ta’ala adalah Rabb, Raja, dan Pencipta semua makhluk, dan Allahlah yang mengatur dan mengubah keadaan mereka. (Al Jadid Syarh Kitab Tauhid, 17). Meyakini rububiyah yaitu meyakini kekuasaan Allah dalam mencipta dan mengatur alam semesta, misalnya meyakini bumi dan langit serta isinya diciptakan oleh Allah, Allahlah yang memberikan rizqi, Allah yang mendatangkan badai dan hujan, Allah menggerakan bintang-bintang, dll. Di nyatakan dalam Al Qur’an:
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمَاتِ وَالنُّورَ
Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dan Mengadakan gelap dan terang” (QS. Al An’am: 1)

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan