Beberapa Definisi Dalam Ilmu Mushthalah Hadits

Mushthalah Hadits adalah : Ilmu tenteng dasar dan kaidah untuk mengetahui keadaan seorang perawi dan yang diriwayatkan dari segi diterima dan ditolaknya. Objeknya adalah sanad dan matan dari segi diterima dan ditolaknya.

 Faidahnya Membedakan hadits-hadits yang sahih dan yang sakit (cacat).

Al Hadits ialah: Sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam berupa perkatan atau perbuatan atau taqir atau sifat.

Al Khabar ialah: Pengertianya sama dengan hadits,dengan demikian ia didefinisikan sama seperti hadist. Ada juga yang berpendapat Al Khabar adalah Sesuatu yang disandarkan Kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam atau yang selainnya. Denngan demikian pengertiannya lebih umum dan luas

Al Atsar, ialah : Suatu yang disndarkan kepada sahabat dantabiin(generasi setelah sahabat).

Terkadang Al Atsar dimaksudkan dengan suatu yang disandarkan kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam (hadits) apabila dalam satu kalimat ia disertakan kata Nabi Shallallahu alaihi wa sallam seperti perkataan. Dan dalam Atsar Dari NabiShallallahi alaihi wa sallam (Hadits Nabi).

Hadist Qudsi ialah Hadits yang diriwayatkan Shallallahu alaihi wa sallam dari Rabbnya (Allah subhaanahu wa Taala). Hadits Qudsi juga dinamakan Hadits Rabbani dan Hadits Ilahi.

Kedudukan Hadits Qudsi diantara Al-Qur'an dan Hadits Nabawi, tidaklah sama karena AL-Qur'an disandarkan kepada AllahTaala baik lafadz dan maknanya. Sedangkan Hadits Nabawi disandarkan kepada NabiShallallahu alaihi wa sallam baik lafadz dan maknanya dan Al Hadits Al Qudsi disandarkan kepada Allah Taala secara umum tidak secara lafadznya dan karena itu tidak bernilai ibadah didalam membaca lafadznya dan tidak boleh dibaca dalam shalat, dan dinukil secara mutawattir (keseluruhan) sebagaimana penukilan Al-Qur'an, akan tetapi seebagianya ada yang shahih, dhaif, maudhu.

Sanad adalah : Suatu jalan yang menyampaikan kepada matan atau suatu perantara yang menyampaikan yang menyampaikan kepada rawi Hadits.

Matan adalah : Suatu yang akan menyanpaikan kepada sanad dari ucapan atau disebut juga menyampaikan redaksi atau isi hadits.

Al-musnad adalah : yang disandarkan kepadanya. Sedangkan Al-Musnad menurut istilah ilmu hadits mempunyai beberapa arti:
   * Setiap buku yang berisi kumpulan riwayat setiap sahabat secara tersendiri.
   * Hadits yang sanadnya bersambung dari awal sampai akhir.
   * Yang dimaksud dengan sanad Al-Musnad adalah sanad, maka dengan makna ini menjadimashdar     ___diawali dengan huruf mim (mashdar Miimi).

AL-Musnid adalah orang yang meriwayatkan hadits  dangan sanadnya, baik dia mempunyai pengetahuan terhadap hadits ataupaun hanya sekedar meriwayatkannya saja.

 Al-Muhaddits adalah orang yang berkecimpung ilmu haduts baik secara periwayatan maupun dirayah, menelaah berbagai riwayat serta keadaan para parawinya

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan